PENGENALAN ARDUINO


APA ITU ARDUINO ?


Arduino adalah sebuah platform elektronik open source yang ditujukan untuk mempermudah penggunaan hardware dan software. Board Arduino mampu untuk membaca input dari sensor, penekanan pada tombol, atau dari pesan twitter, dan mengubahnya menjadi output seperti mengaktifkan motor, menyalakan sebuah LED, atau menerbitkan sesuatu secara online. Kita dapat menyuruh arduino melakukan sesuatu dengan memasukkan serangkaian instruksi pada mikrokontroler yang terpasang pada board arduino. Untuk melakukan hal tersebut kita menggunakan bahasa pemrograman arduino (disesuaikan dengan pengkabelannya), dan Software Arduino (IDE), untuk mengupload program ke Arduino.

Selama bertahun-tahun Arduino telah menjadi otak dari ribuan peralatan, dari mulai peralatan sehari-hari sampai ke peralatan ilmiah yang rumit. Komunitas pembuat di seluruh dunia mulai dari pelajar, penggemar, seniman, programer, dan profesional banyak berkontribusi terhadap platform open source ini. Kontribusi mereka banyak sekali jumlahnya dan dapat menjadi bantuan untuk membantu proyek pemula bahkan ahli sekalipun.

Arduino tercipta di Ivrea Interaction Design Institute sebagai alat yang mempermudah pembuatan prototype, ditujukan untuk pelajar yang tidak memiliki latar belakang elektronik dan pemrograman. Kemudian berkembang dan mencapai komunitas yang lebih besar, Board Arduino mulai berubah untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan dan tantangan baru, Mulai dari Board sederhana 8 bit ke produk untuk aplikasi IOT, wearable, 3D printing, dan embedded environment. Semua Board Arduino open source, yang membebaskan pengguna untuk mengembangkannya secara mandiri dan bahkan menyesuaikannya sesuai kebutuhan mereka. Software Arduino juga open source dan terus tumbuh melalui pengguna di seluruh dunia.

Sumber: https://www.arduino.cc/en/Guide/Introduction

Posting Komentar untuk "PENGENALAN ARDUINO"