Langsung ke konten utama

Belajar Pemrograman Android Chapter 1 (Assalamualaikum Dunia)


Assalamualaikum Sob, kali ini saya akan berbagi cara membuat aplikasi android menggunakan android studio. Check this out...

Pertama, Buka aplikasi android studio pilih Start a new Android Studio Project.


Tentukan nama aplikasi, domain perusahaan, nama package, dan lokasi disimpannya proyek anda, sesuai kebutuhan.


Pilih Phone and Tablet, dengan minimum SDK: Android 2.2 (Froyo). Ini bertujuan agar aplikasi yang kita buat dapat berjalan pada ponsel atau tablet dengan os minimal froyo, kemudian klik next.


Pilih empty activity, klik next


Biarkan nama activitynya dalam keadaan default, langsung klik finish saja.


Maka akan muncul tampilan sebagai berikut.


Pada project explorer yang terletak disebelah kiri pilih res --> layout -->activity_main.xml. activity_main.xml berfungsi untuk tampilan User Interface.


Kemudian pilih tampilan text, untuk mengedit xmlnya, seperti berikut.
<?xml version="1.0" encoding="utf-8"?>
   
<LinearLayout
   
xmlns:android="http://schemas.android.com/apk/res/android"
   
android:orientation="vertical"
   
android:layout_width="fill_parent"
   
android:layout_height="fill_parent"
   
>
    <
TextView
       
android:layout_width="fill_parent"
       
android:layout_height="wrap_content"
       
android:text="Assalamualaikum dunia...!"
       
/>
</
LinearLayout>


Kemudian pilih MainActivity.java. Dan pastikan skrip programnya seperti di bawah.

package com.blogspot.filesop.proyekpertama;

import android.app.Activity;
import android.os.Bundle;

public class MainActivity extends Activity {
    @Override
    public void onCreate(Bundle savedInstanceState) {
        super.onCreate(savedInstanceState);
        setContentView(R.layout.activity_main);
    }
}


Jika sudah sesuai klik run, untuk menjalankannya pada smartphone kalian atau bisa juga menggunakan emulator seperti genymotion, bluestacks, dll. Pada postingan ini saya menggunakan emulator genymotion.


Sekian untuk postingan kali ini, jangan lupa untuk memberikan komentarnya :). Terima kasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Pilihan Ganda Variabel, Konstanta, Operator dan Ekspresi Pemrograman C++

1.double angka; . kode program disamping merupakan tipe data… [C3] a.Bilangan bulat b.Bilangan riil c.Logika d.Karakter e.Struktur      2.Dibawah merupakan tipe data bilangan bulat adalah… [C1] a.char b.double c.float d.int e.boolean      3.Tipe data bahasa C++ untuk true false adalah… [C1] a.String b.Char c.Boolean d.Byte

Penilaian (Definisi, Prinsip dan Tujuan)

Definisi Penilaian Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik (Saputra, Salikun, & Nugroho, 2014, hlm.31).
Penilaian adalah proses pengumpulan berbagai informasi tentang siswa dan ruang kelas untuk tujuan membuat keputusan instruksional (Sapa’at, 2012. hlm.221).
Dengan dilakukannya penilaian di dalam kelas dapat menjawab pertanyaan tentang sebaik apa hasil atau prestasi belajar peserta didik. Hasil penilaian dapat berupa nilai kualitatif (berupa kata-kata) dan nilai kuantitatif (berupa angka).
Proses pengumpulan dan pengolahan informasi tersebut dilakukan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Proses penilaian tersebut mencakup: penilaian otentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian tingkat kompetensi, ujian mutu tingkat kompetensi, ujian nasional, dan ujian sekolah/ madrasah. (Permendikbud No.66 Tahun …

Bagaimana Cara Kerja Kapasitor

Sebuah kapasitor bentuknya kecil seperti sebuah baterai. Walaupun kapasitor bekerja dengan cara yang sangat berbeda, kapasitor dan baterai keduanya menyimpan energi listrik. Jika kamu pernah membaca bagaimana cara kerja baterai, maka kamu tahu bahwa sebuah baterai memiliki dua buah terminal. Di dalam sebuah baterai, reaksi kimia menghasilkan elektron-elektron pada ujung satu terminal and menyerap elektron-elektron pada terminal lainnya. Sebuah kapasitor jauh lebih sederhana di bandingkan sebuah baterai, kapasitor tidak dapat menghasilkan elektron-elektron baru -- kapasitor hanya menyimpan elektron-elektron.

Di dalam kapasitor, terminal-terminalnya tersambung ke dua plat logam yang dipisahkan oleh sebuah bahan bukan penghantar listrik, atau dielektrik. Kamu dapat dengan mudah membuat sebuah kapasitor dari dua buah aluminum foil dan satu buah kertas. Itu tidak akan menjadi sebuah kapasitor pada umumnya dalam hal kapasitas penyimpanan, tapi itu akan bekerja.

Secara teori, dielektrik ada…