Sejarah Internet, HTTP, dan Server-Client

SEJARAH INTERNET

sejarah mengenai internet dimulai pada tahun 1969 yang dilakukan oleh departemen pertahanan Amerika Serikat DARPA (Defence Advance Research Project Agency), yang melakukan riset. Program riset tersebut dinamakan dengan ARPANET,  proyek tersebut  menghubungkan suatu komputer dengan komputer yang lain dengan menggunakan jaringan telepon dan dapat diaplikasikan pada jarak yang tak terhingga. Pada awalnya proyek ini dilakukan sebagai tujuan militer dan mengantisipasi apabila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi di satu tempat.

Diperkenalkanlah ARPANET pada tahun 1972, tidak lama setelah itu proyek ini berkembang pesat keseluruh daerah, dan hal ini membuat ARPANET menjadi kesulitan untuk mengaturnya.Oleh karena itu dipecahlah ARPANET menjadi dua yaitu ARPANET untuk tujuan pendidikan dan MILNET untuk tujuan militer. pada tahun 1977 sudah lebih dari 111 perangkat komputer yang terhubung ke ARPANET. Awal tahun 1980-an komputer pribadi mewabah di dunia dan menjadi bagian dari kelangsungan hidup manusia, dan pada tahun ini ARPANET tercatat mempunyai 213 host yang terhubung.

Pada tahun 1980 juga disediakan layanan berupa e-mail, mailing list, dan FTP (File Transfer protokol). Tahun 1982 istilah internet mulai diperkenalkan, dan TCP/IP digunakan sebagai protokol universal. Tahun 1986 diperkenalkanlah sistem nama domain, yang sekarang ini dikenal dengan sebutan DNS (Domain Name System). ARPANET dibubarkan pada tahun 1990, dan pada tahun 2004 jumlah host internet mencapai 5 juta.

HTTP

HTTP atau hypertext transport protocol adalah protokol yang digunakan untuk komunikasi antar web/ jaringan, yaitu jaringan komputer client dan komputer server, http sendiri berfungsi sebagai protokol yang dimanfaatkan untuk melakukan transfer halaman atau dokumen dalam WWW atau World Wide Web.

Server-Client

client merupakan komponen yang akan menyiapkan data yang akan dimasukkan oleh pengguna. Contohnya seperti mozila firefox, kemudian hasil dari permintaan tersebut akan diproses oleh server dan kemudian hasilnya akan dikembalikan lagi pada client dan client pun akan menerima hasilnya kemudian ditampilkan pada pengguna.

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet

http://www.anneahira.com/http.htm

http://id.wikipedia.org/wiki/Klien-server

Posting Komentar untuk "Sejarah Internet, HTTP, dan Server-Client"