Langsung ke konten utama

Pengertian Manajemen, Administrasi dan Pendidikan

Pengertian Manajemen
  1. Secara etimologis, Manajemen merupakan terjemahan dari management (bahasa Inggris) yang berasal dari kata manage atau magiare yang berarti melatih kuda untuk melangkahkan kakinya. Dalam pengertian manajemen terkandung dua kegiatan yaitu kegiatan berpikir (mind) dan kegiatan tingkah laku (action) (Sahertian, 1982)
  2. Manajemen adalah Penggunaan efektif  sumber-sumber tenaga manusia dan bukan manusia serta bahan material lainnya dalam rangka mencapai tujuan yang telah ditentukan (B Suryobroto, Manajemen Pendidikan di Sekolah)

Pengertian Administrasi
  1. Secara etimologis, administrasi berasal dari kata “ADministrate” yaitu kombinasi dua kata latin yang terdiri dari “AD” dan “Ministrate” yang berarti “to serve” melayani, membantu, dan memenuhi. Lebih jelas lagi “AD” berarti intensif dan “Ministrate” berarti melayani, membantu atau mengarahkan. Jadi secara etimologis Administrasi berarti melayani secara intensif. Kata “Administratio” dan “Administrativus” kedalam bahasa Inggris menjadi “Administration” dan diubah kedalam bahasa Indonesia menjadi Administrasi.
  2. Menurut Slamet 1961. Administrasi adalah kegiatan-kegiatan terencana yang dilakukan oleh orang-orang / kelompok orang-orang yang bekerja bersama untuk mencapai tujuan bersama.

Pengertian Pendidikan
  1. Pendidikan dapat diartikan sebagai suatu proses dengan metode tertentu sehingga orang memiliki kemampuan, pemahaman, dan cara bertingkah laku yang sesuai dengan kebutuhan.
  2. Menurut Poerbakawatja dan Harahap 1981, pendidikan adalah usaha yang dilakukan oleh orang dewasa untuk dengan pengaruhnya dapat meningkatkan si anak menuju kekedewasaannya yang selali dikaitkan dengan mampu melakukan tanggung jawab moril terhadap segala perbuatannya.

Administrasi dan Manajemen pada intinya memiliki pengertian yang sama yaitu pengelolaan atau mengatur. Administrasi selalu dikaitkan dengan kegiatan surat-menyurat atau tata usaha.
Kegiatan Tata usaha mencakup :
  1. Korespondensi (Surat menyurat)
  2. Ekspedisi (Pengiriman dan penerimaan)
  3. Pengarsipan (Pengaturan dan penyimpanan informasi)
Manajemen diartikan sebagai penggunaan sumber daya untuk mencapai tujuan bersama.
Ciri-ciri Administrasi atau manajemen :
  1. Punya tujuan
  2. Optimalisasi sumber daya (man, money, material, machine, method, marketing)
  3. Berpikir efektif dan efisien
  4. Ada proses (Planning, Organizing, Actuating, Controlling)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Soal Pilihan Ganda Variabel, Konstanta, Operator dan Ekspresi Pemrograman C++

1.double angka; . kode program disamping merupakan tipe data… [C3] a.Bilangan bulat b.Bilangan riil c.Logika d.Karakter e.Struktur      2.Dibawah merupakan tipe data bilangan bulat adalah… [C1] a.char b.double c.float d.int e.boolean      3.Tipe data bahasa C++ untuk true false adalah… [C1] a.String b.Char c.Boolean d.Byte

Penilaian (Definisi, Prinsip dan Tujuan)

Definisi Penilaian Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik (Saputra, Salikun, & Nugroho, 2014, hlm.31).
Penilaian adalah proses pengumpulan berbagai informasi tentang siswa dan ruang kelas untuk tujuan membuat keputusan instruksional (Sapa’at, 2012. hlm.221).
Dengan dilakukannya penilaian di dalam kelas dapat menjawab pertanyaan tentang sebaik apa hasil atau prestasi belajar peserta didik. Hasil penilaian dapat berupa nilai kualitatif (berupa kata-kata) dan nilai kuantitatif (berupa angka).
Proses pengumpulan dan pengolahan informasi tersebut dilakukan untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik. Proses penilaian tersebut mencakup: penilaian otentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian tingkat kompetensi, ujian mutu tingkat kompetensi, ujian nasional, dan ujian sekolah/ madrasah. (Permendikbud No.66 Tahun …

Bagaimana Cara Kerja Kapasitor

Sebuah kapasitor bentuknya kecil seperti sebuah baterai. Walaupun kapasitor bekerja dengan cara yang sangat berbeda, kapasitor dan baterai keduanya menyimpan energi listrik. Jika kamu pernah membaca bagaimana cara kerja baterai, maka kamu tahu bahwa sebuah baterai memiliki dua buah terminal. Di dalam sebuah baterai, reaksi kimia menghasilkan elektron-elektron pada ujung satu terminal and menyerap elektron-elektron pada terminal lainnya. Sebuah kapasitor jauh lebih sederhana di bandingkan sebuah baterai, kapasitor tidak dapat menghasilkan elektron-elektron baru -- kapasitor hanya menyimpan elektron-elektron.

Di dalam kapasitor, terminal-terminalnya tersambung ke dua plat logam yang dipisahkan oleh sebuah bahan bukan penghantar listrik, atau dielektrik. Kamu dapat dengan mudah membuat sebuah kapasitor dari dua buah aluminum foil dan satu buah kertas. Itu tidak akan menjadi sebuah kapasitor pada umumnya dalam hal kapasitas penyimpanan, tapi itu akan bekerja.

Secara teori, dielektrik ada…