TEORI TENTANG BUS


Sebuah bus adalah sebutan untuk jalur di mana data dapat mengalir dalam komputer. Jalur-jalur ini digunakan untuk komunikasi dan dapat dibuat antara dua elemen atau lebih. Data atau program yang tersimpan dalam memori dapat diakses dan dieksekusi oleh CPU melalui perantara sistem bus. Dalam arsitektur komputer, bus digunakan oleh sistem komputer untuk menghubungkan semua komponennya dalam menjalankan tugasnya.
Pada sistem komputer yang lebih maju, arsitekturnya lebih kompleks. Untuk meningkatkan kinerja, digunakan beberapa buah bus. Tiap bus merupakan jalur data antara beberapa device yang berbeda. Dengan cara ini RAM, Prosesor, GPU (VGA AGP) dihubungkan oleh bus utama berkecepatan tinggi yang lebih dikenal dengan nama FSB (Front Side Bus). Sementara perangkat lain yang lebih lambat dihubungkan oleh bus yang berkecepatan lebih rendah yang terhubung dengan bus lain yang lebih cepat sampai ke bus utama. Untuk komunikasi antar bus ini digunakan sebuah bridge.

Ada beberapa macam sistem bus diantaranya  utma, yaitu :
  • Processor BUS : Disebut juga front-side bus (FSB), merupakan bus tercepat pada komputer dan merupakan inti dari chipset (dan motherboard). Utamanya, bus ini digunakan oleh microprocessor untuk melewatkan informasi ke/dari chache atau memory utama, dan juga chipset north-bridge.
  • AGP BUS : Bus cepat 32 bit yang khusus untuk kartu Grafis/ Video. Berjalan pada kecepatan 66Mhz (AGP 1X), 133Mhz (AGP 2X), 266Mhz (AGP 4X) atau 533Mhz (AGP 8 X), yang akan menghasilkan bandwith hingga sebesar 2.133mb/det. AGP dihubungkan pada north-bridge atau Memory Controller Hub pada chipset dan konektornya pada motherboard diwujukan dalam bentuk slot AGP.
  • PCI BUS : Bus 32 bit yang normalnya berjalan pada 33Mhz. Komputer yang modern mendukung PCI 64 bit 66 Mhz. Bus ini terdapat pada chipset north-bridge atau pada I/O Controller HUB.
  • ISA BUS : Bus 16 Bit 8 Mhz. Untuk keperluan modem, sound card dan piranti kecepatan rendah lain. Komputer generasi terakhir relatif tidak menyertakan bus/ slot ini didalamnya. Pada chipset south-bridge terdapat controller yang bekerja sebagai bus ISA sekaligus interface dengan bus PCI diatasnya. Chip Super I/O biasanya terhubung kepadanya, terutama Chip Super I/O biasanya terhubung kepadanya, terutama pada sistem lama yang masih memiliki slot ISA.  
Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Bus_komputer
 http://www.google.co.id/tanya/thread?tid=699690ea7efd81de, ftp://komo.padinet.com/free/v06/Kuliah/SistemOperasi/BUKU/SistemOperasi-4.X-1/ch03s05.htm
 http://personalcomputer.pendidikanriau.com/2009/08/bus-system.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penilaian (Definisi, Prinsip dan Tujuan)

Penilaian Portofolio (Definisi, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan)