WARNA BUAH DAN SAYURAN


Untuk mengetahui manfaat yang terkandung dalam buah ataupun sayur, kita dapat melihatnya dari warnanya.Warna pada buah dan sayur bukanlah sekedar pembeda dari jenis suatu buah dan sayur dengan lainnya, tetapi juga merupakan informasi kandungan nutrisi apasaja yang terkandung pada buah dan sayur tersebut.
1. Warna Merah
                Pada  buah yang berwarna merah berindikasi mengandung antosianin dan likopen. Antosianin berfungsi mencegah infeksi dan kanker kandung kemih.Sedangkan likopen berfungsi menghambat kemunduran kerja fisik dan mental, serta mencegah berbagai macam penyakit kanker. Sedangkan warna merah pada sayuran mengindikasikan mengandung flavonoid yang fungsinya sebagai anti kanker.Pada kol merah sangat baik jika disantap mentah karena mengandung senyawa fitokimia dan vitamin c yang 2 kali lebih banyak dibandingkan dengan kol putih.
2. Merah Tua/Ungu
                Umumya mengandung anthocyanin,sejenis antioksidan yang menghambat terbentuknya gumpalan dalam pembuluh darah . Sehingga, mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke.
3. Jingga
                Buah dan sayur berwarna jingga umumnya mengandung betakaroten, yang berfungsi menghambat proses penuaan dan meremajakan sel-sel tubuh. Ketika betakaroten masuk kedalam tubuh sebagian akan berubah menjadi vitamin A yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga, tubuh tidak mudah terserang penyakit.
4. Kuning
                Buah berwarna kuning kaya dengan kalium. Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa kalium bermanfaat mencegah stroke dan jantung koroner. Dan sayuran yang berwarna kuning diyakini ampuh memerangi katarak, serangan jantung, dan stroke.
5. Hijau
Buah-buahan yang berwarna hijau mengandung asam alegat yang ampuh mengempur bibit sel kanker. Asam alegat juga membantu menormalkan tekanan darah ditambah buah berwarna hijau juga mengandung kalium.Pada sayuran biasanya warnanya memang hijau. Seperti, bayam, caisim, dan daun singkong, adalah contoh sayuran yang banyak mengandung vitamin C dan B Kompleks. Selain itu juga besar kandungan zat besi, kalsium, magnesium, fosfor, betakarotin, dan tentu saja, serat. Kekurangan sayuran berwarna hijau menyebabkan kulit jadi kasar dan bersisik.
6. Putih
                Walaupun buah/sayur jenis ini sedikit mengandung antioksidan. Akan tetapi, kaya oleh kandungan serat dan vitamin C. Serat berfungsi untuk melancarkan saluran pencernaan. Dan sayuran berwarna putih dapat meningkatkan ketahanan tubuh, dan sebaiknya dimakan mentah, atau setengah matang, agar vitamin E dan C yang dikandungnya tidak hilang.


Sumber : http://www.coecoes.com/kesehatan/manfaat-buah-dan-sayuran-dilihat-dari-warnanya


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penilaian (Definisi, Prinsip dan Tujuan)

Penilaian Portofolio (Definisi, Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan)